Cara Memperkirakan Daya Muat Kolam Lele Bulat Biar Lebih Menguntungkan

Untuk mewujudkan hasil panen ikan lele yang maksimum, anda layak untuk mengira-ngira terlebih dahulu jumlah isian air dalam kolam terpal. Bukan luas kolam terpal. Maksud kekuatan kolam terpal ialah agar menghasilkan padat tebar ikan lele yang ideal. Tag : Harga Kolam Terpal Kotak

Dari penjelasan ini rumus Menaksir volume kolam terpal bundar yang baik anda gunakan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bundar

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda punyai berdiameter 5m dan tinggi 1 meter, jadi daya muat kolam terpal bundar anda yaitu sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air dengan penuh. Untuk Menaksir berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda masukkan untuk  Mengoptimalkan yaitu tinggi air bukan tinggi kolam terpal bundar.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam pengembangbiakan ikan lele pada level yang masih dalam kategori rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level yang masih dalam kategori normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level yang masih dalam kriteria tinggi atau yang sering dinamakan dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda dapat mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda dapat mengisi kolam terpal bulat anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada level rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda memakai system bioflok atau natural water system (NWS) disaat berternak ikan lele.

Contoh diatas hanya sekedar panduan. Pada saat mempraktekkannya kemungkinan anda akan bertemu jumlah padat tebar yang bermacam-macam pada tiap – tiap peternak ikan lele. Tentu saja itu hal yang biasa, karena setiap pengelola bisnis budidaya ikan lele pastilah punya triks dan kebiasaan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Nah apa saja sebenarnya yang menentukan padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Simak 6 pemaparan dalam artikel dibawah ini :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Sama dengan manusia, ikan pun perlu cukup oksigen supaya bisa bertahan hidup dengan baik. Standart ukuran untuk benih ikan yang kecil mestinya cukup menerima oksigen di air kolam. Tetapi, disaat ikan makin tumbuh besar dan dengan jumlah yang tidak berubah, mestinya kebutuhan oksigen untuk ikan juga makin banyak pula.

Bagaimana tips atau taktik agar kebutuhan oksigen pada air kolam tetap terpenuhi?

Untuk menutup keperluan oksigen dalam air kolam umumnya para pengelola usaha budidaya ikan lele mensiasatinya dengan membarui air kolam sebanyak 27-30% secara periodic. Jika ikan belum waktunya dipanen tetapi ikan tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap sama saja, itu alamat ikan harus dipindah ke kolam lain.

2. Faktor Lingkungan

Cuaca disekitar kolam terpal kadang-kadang juga berdampak pada jumlah padat tebar ikan lele. Beberapa petani terkadang mengurangi padat tebar ikan lele ketika cuaca tidak mendukun seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Pembatasan padat tebar pas musim – musim ekstrim harus untuk mengantisipasi gagal panen.

3. Metode Budidaya

Pada pengaplikasiannya dilapangan, cara beternak ikan lele bisa saja mempengaruhi daya tamping kolam lele bundar. contohnya seperti bertani ikan lele dengan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih unggul dibandingkan dengan metode budidaya ikan lele lain. Hal ini disebabkan dikarenakan bertani dengan system bioflok mempunyai pakan alami yang melimpah yang berasal dari himpunan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang memercayakan perputaran air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Dilansir dari efishery.com padat tebar ikan lele yang system RAS bisa menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

perputaran air sangat melekat kaitannya dengan kesiapan oksigen dalam kolam ikan lele. Dengan perputaran air yang baik, oksigen yang terkandung dalam air lebih bertambah. Hasilnya padat tebar bisa dimaksimalkan.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar