Cara Menghitung Daya Muat Kolam Lele Bulat

Untuk mewujudkan hasil panen ikan lele setinggi-tingginya, anda sepantasnya mengetahui terlebih dahulu jumlah isi air di dalam Kolam Terpal Kota Surabaya. Bukan luas kolam terpal. Sasaran dari mengira-ngira isi atau kolam terpal ialah untuk mendapatkan padat tebar ikan lele yang ideal.

Berikut ini rumus Mempertimbangkan daya tamping kolam terpal bundar yang dapat anda terpakan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bulat

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bulat yang anda punyai berdiameter 5m dan tinggi 1 meter, maka daya muat kolam terpal bulat anda yaitu sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air dengan penuh. Untuk Mengoptimalkan berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda gunakan untuk  Mengoptimalkan adalah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bundar.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam bisnis budidaya ikan lele pada level rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level yang masih dalam kriteria normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level tinggi atau yang sering dinamakan dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda dapat mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda dapat mengisi kolam terpal bundar anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada kapasitas rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada level normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda memakai system bioflok atau natural water system (NWS) saat mengembangbiakkan ikan lele.

Contoh diatas hanya sekedar arahan. Saat mempraktekkannya kemungkinan anda akan menjumpai jumlah padat tebar yang bermacam-macam pada tiap – tiap pengelola bisnis perikanan ikan lele. Tentu saja itu hal yang lazim, karena setiap pembudidaya ikan lele pastilah mempunyai pengetahuan dan kebiasaan yang berbeda – beda.

Nah apa sajakah sebenarnya aspek penentu padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Perhatikan uraian dalam artikel berikut :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Sama dengan manusia, ikan pun memerlukan cukup oksigen biar bisa bertahan hidup dengan baik. Standart ukuran untuk benih ikan yang kecil pastinya cukup mendapati oksigen di air kolam. Tapi, saat ikan semakin tumbuh besar dan dengan catatan tidak ada kematian ikan lele, tentunya keperluan oksigen untuk ikan juga semakin banyak pula.

Bagaimana tips atau kiat supaya keperluan oksigen pada air kolam tetap terpenuhi?

Buat memenuhi keperluan oksigen dalam air kolam umumnya para pembudidaya ikan lele mensiasatinya dengan mengganti air kolam sebanyak 27-30% secara periodic. Bila ikan belum waktunya panen tetapi ikan sudah tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap sama saja, itu tandanya ikan harus dipindah ke kolam lain.

2. Dari Sudut Pandang Lingkungan

Iklim disekitar kolam terpal kadang-kadang juga mempengaruhi jumlah padat tebar ikan lele. Sebagian petani terkadang mengurangi padat tebar ikan lele saat cuaca tidak mendukun seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Penciutan padat tebar disaat musim – musim ekstrim perlu dikerjakan untuk menjaga agar tidak terjadi gagal panen.

3. Metode Budidaya

Pada prakteknya, teknik budidaya ikan lele juga dapat berimbas pada daya muat kolam lele bulat. contohnya seperti beternak ikan lele dengan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih baik dibandingkan dengan metode bertani ikan lele yang lain. Ini sangat mungkin terjadi karena metode beternak dengan system bioflok memiliki pakan alami yang banyak yang bermula dari himpunan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang menggantukan sirkulasi air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang tinggi. Dikutip dari efishery.com padat tebar ikan lele dengan mempergunakan system RAS bisa menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

Sirkulasi air amat melekat kaitannya dengan pasokan oksigen pada kolam. Dengan sirkulasi air yang baik, oksigen yang ada di air kian bertambah. Alhasil padat tebar dapat diperbaiki.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam Terpal.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar